Peraturan Promosi bisnis dengan Sosial Media

Peraturan Promosi bisnis dengan Sosial Media - Dalam berinteraksi dan promosi produk kita menggunakan Sosial media, kita perlu mempelajari tentang aturan dan sopan santun yang baik guna mendapat respon yang baik dari calon pembeli kita nantinya. Yang akan berdampak sangat baik jika kita mengaplikasikannya dengan baik dan benar. Jangan sekali-kali kita mencoba memasarkan produk kita lewat Sosial media tanpa landasan yang benar.

Peraturan Promosi bisnis dengan Sosial Media

Misalnya, seorang yang mempromosikan produk lewat sosial media tapi orang tersebut angkuh, bahkan tidak memperdulikan sama sekali banyak masukan atau keluhan dari calon pembeli. Itu sangatlah tidak bagus untuk prospek bisnis kita. Sebagai seorang wirausahawan yang baik ingatlah selalu bahwa pedoman kita dari dulu “Pembeli Adalah Raja”. Itu sangatlah benar dan terbukti.

Berikut adalah kumpulan aturan dari beberapa sumber untuk pedoman menjalankan promosi dengan Sosial Media.

1.    Cara Promosi seperti sebuah sosialisasi

Maksud disini adalah pembuatan iklan atau promosi di Sosial media dirancang menyerupai sebuah sosialisasi atau pengenalan produk kita. Jadi tidak terkesan blak-blakan kita adalah sebuah pedagang di toko. Settinglah kalimat-kalimat dalam informasi dengan kata-kata yang jelas dan detail seperti kita memberikan suatu informasi produk pada seorang pembeli yang memang belum tahu jenis dan manfaat produk kita.

2.    Berinteraksilah dengan baik

Dalam hai ini, semua orang tahu dan membutuhkan sebuah interaksi yang baik dari pemberi informasi. Kita dapat berinteraksi dengan orang yang kita berikan suatu informasi menggunakan tutur kata dengan sopan santun yang baik. Tanggapilah komentar dengan solusi-solusi terbaik yang bisa kita berikan.

3.    Kembangkan perluas informasi

Jangan terus menerus mengulas tentang produk kita Melainkan kita bisa membahas tentang topik tren perkembangan dari produk sejenis seperti produk kita. Misalnya, perusahaan kita menjual baju. Jangan selalu membahas kualitas atau harga dari baju yang kita jual. Tapi cobalah untuk membahas sejauh mana tren dan baju ini menjadi suatu kebutuhan yang melengkapi gaya berbusana masa kini.

4.    Melajarlah memahami orang lain

Banyak orang yang memiliki kriteria masing-masing dan dan kebutuhan masing masing yang kita sendiri tidak mengetahui. Itu sangat penting untuk mengembangakan berbagai macam varian produk kita. Kita bisa memulainya dengan mendengarkan tentang berbagai macam kebutuhan orang lain dengan cara bergabung di komunitas lain yang serupa. Dipahami dan mengaplikasikan hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi kelangsungan produk kita.

5.     Jadilah penyumbang informasi

Selain bersosialisasi orang-orang di jejaring sosial juga membutuhkan ilmu atau update berita terbaru. Jika kita hanya monoton terhadap satu teknologi saja, kapan kita akan berkembang? Tapi  ingatlah, sebelum posting tanyakan kepada diri kita “Bagaimana dan apa yang bisa kita tambahkan sebagai topik percakapan?” Karena pada beberapa orang atau komunitas kita diperbolehkan untuk sedikit mempromosikan produk kita. Namun selalu ingat porsinya. Jangan sampai promosi tersebut mendominasi pembicaraan kita.

6.    Bertemanlah juga dengan teman dari teman kita

Jangan menutup diri jika kita sudah bergabung di jejaring sosial. Karena umumnya orang yang memiliki sosial media akan senang berbagi. Mereka akan lebih aktif dengan fans page dari idola atau komunitas. Maka dari itu, bertemanlah juga dengan teman dari teman kita. Setelah itu beri suasana yang berbeda ketika mereka bersosialisasi dengan kita. Jadilah sedikit berbeda, namun tetap menjaga aturan yang ada.

7.    Berikan semangat dan manfaat yang lebih

Ada yang berpendapat bahwa perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu memperkaya kehidupan customer dan potensial customer mereka. Nah, salah satunya bisa diterapkan di sosial media. Apel percaya pada kekuatan kreativitas . Microsoft percaya pada kemungkinan yang tak terbatas dari pendidikan. Dan bisa jadi, saat ini Jagoan Hosting adalah jasa penyedia domain dan hosting namun kedepannya dikenal juga sebagai perusahaan yang memiliki dedikasi lebih untuk dunia pendidikan IT dengan mengadakan seminar atau academy dimana dalam prosesnya melibatkan sosial media. Jadi, bagaimana kita bisa memberi manfaat yang lebih untuk yang lain?

8.    Berbagi pengetahuan yang kita miliki

Selain membagi postingan tentang produk kita, dan berkomentar, kita bisa memberikan sesuatu yang lebih positif dan bermanfaat untuk orang lain dengan cara berbagi ilmu pengetahuan yang kita miliki. Agar pembaca tidak terasa jenuh dan bisa dapatkan sesuatu yang lebih dari Fans page atau grup promosi produk yang kita kelola.

9.    Memberikan pujian kepada produk lain

Seperti kita ketahui, hukum yang sangat erat kaitannya dengan hubungan sesaama manusia adalah hukum tarik menarik. Jika kita memberikan sesuatu yang positif kepada orang lain, maka orang lain tersebut juga akan memberikan sesuatu yang positif kepada kita begitulah sebaliknya. Jadi, jika kita mulai memberikan sebuah pujian kepada produk lain, niscaya orang yang memiliki produk yang bersangkutan akan merespon baik kehadiran produk kita di sosial media.

10.    Berkomentar dan membalas komentar

seperti yang kita bahas pada peraturan nomer 2 diatas, bertutur katalah yang baik dan santun dalam berkomentar dan membalas komentar. Berikan informasi dan jawaban terbaik pada komentar-komentar yang membutuhkan solusi jawaban yang baik.

Bagikan ke

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top