Tips Memilih Waralaba atau Franchise

Tips Memilih Waralaba atau Franchise - Bisnis waralaba atau franchise di Indonesia sering menjadi solusi peluang bisnis yang dibilang praktis. Bisnis ini ada dan dimaksudkan untuk kita yang menginginkan banyak konsumen secara instant yang didapatkan dari nama pertama pelopor usaha ini atau dengan kata lain kita seperti membeli Nama/merek produk orang yang sudah terkenal.

Tips Memilih Waralaba atau Franchise

Bisnis waralaba ini tentunya mempunyai kelebihan dan juga kekurangan. Untuk kelebihan waralaba sebagai berikut :
  • Bisnis cepat dibuka atau terkenal
  • Sudah tersedianya management keuangan
  • Adanya sistem pelatihan khusus
  • Nama produk yang digunakan sudah terkenal
  • Minimnya resiko
Dan kekurangannya kurang lebih seperti ini :
  • Adanya sistem pengawasan
  • Harus membayar royalty terhadap sebuah merek produk
  • Tidak adanya suatu kebebasan yang mendukung kita untuk Bereksperiment, Berinovasi memberikan kesan yang baru.
  • Banyaknya aturan dari pemilik Waralaba
Untuk hal yang perlu dipertimbangkan untuk memulai bisnis ini adalah sebagai berikut :

1.      Memilih jenis waralaba AndaMemilih waralaba yang baik bukanlah suatu hal yang mudah. Kita bisa melihat dulu apa sektor yang kita minati, jangan terlalu cepat mengambil sebuah keputusan, kita harus mensurvey daerah lokasi yang akan kita jadikan tempat usah itu, apakah prospeknya bagus atau tidak.
2.      Perhitungan prosentase pembagian hasilMenentukan nilai nominal dan prosentase itu sangatlah penting. Banyak pemilik suatu waralaba menginginkan pembagian hasil yang kurang menjanjikan. Tapi banyak juga yang perhitungannya jelas dan menjanjikan
3.      Memahami Pelaksanaan waralabaDalam hal ini penulis pernah menjumpai banyak sistem pelaksanaan yang terbilang tidak wajar. Ada kasus seperti ini : seseorang diwajibkan membayar royalty untuk penjualan makaroni rasa. Pada awalnya pemilik waralaba membuat peraturan yang sama seperti waralaba lainnya yaitu sistem pembagian hasil yang jelas. Tapi, setelah adanya pelaksanaan usaha, orang yang menjalankan waralaba terkesan seperti bekerja kepada pemilik waralaba atau dengan kata lain dengan sistem penggajian yang tidak sama hasilnya dengan peraturan yang ditentukan.
Untuk itu, selektiflah dalam hal ini. Kita harus pastikan bisnis ini mungkin dari bertanya pada orang – orang yang bersangkutan menjalankan suatu waralaba.
Sedikit info dan berbagi pengalaman tentang Tips Memilih Waralaba atau Franchise semoga bisa menjadi suatu pertimbangan yang baik. Usaha yang baik adalah usaha yang dilakukan dengan sepenuh hati dengan perhitungan dan pertimbangan serta dilakukan dengan kaidah yang benar.

Bagikan ke

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top