Tips Menggunakan Gmail Untuk Bisnis Lebih Produktif

Tips Menggunakan Gmail Untuk Bisnis Lebih Produktif - Gmail atau email dari google yang sekarang sudah tersinkron dengan semua akun google yang lain ini merupakan email yang tidak ada batas kadaluarsanya. Dengan hanya membuat akun gmail secara gratis kita sudah bisa menikmati akun google yang lain secara otomatis seperti Google Drive, Blogger, FeedBurner dan lain-lain. Gmail juga bisa kita manfaatkan untuk sarana terima dan kirim data dalam kapasitas yang besar semua format seperti file Video, Gambar, Dokument Office dan yang lainnya. Disamping itu, gmail bisa menjadi sarana pendukung bisnis kita menjadi lebih produktif.

Tips Menggunakan Gmail Untuk Bisnis Lebih Produktif
Gmaul For Business

Ada sedikit Tips Gmail Untuk Bisnis Lebih Produktif antara lain :

1.    Dengan memprioritaskan Inbox gmail

Dengan menggunakan Menu Priority Inbox kita dapat menyeleksi secara otomatis pesan yang dianggap penting berdasarkan nama kontak yang sering berkomunikasi dengan kita, dengan hannya melakukan checklist pada pesan kita secara teratur, itu akan membuat inbox gmail kita menyeleksi dan chechklist otomastis inbox yang dianggap penting. Jadi, trik ini sangat dibutuhkan untuk kita yang menggunakan gmail untuk bisnis yang lebih Produktif.

2.    Pengingat kalender dan to-do list

Fitur ini berguna untuk membuat pengingat otomatis di gmail kita. Dengan membuat pengingat ini, kita bisa mencatat semua agenda-agenda penting guna mengingatkan jadwal-jadwal penting tentang bisnis kita. Caranya mudah, cukup klik tanda panah bawah di dekat sudut kiri atas kotak masuk Gmail, dan pilih Task. Dengan membuat pengingat agenda-agenda penting ini, akan secara otomatis ditambahkan ke Google Calendar dan akan pengingatkan agenda-agenda penting kita.

3.    Membuat alamat email profesional

Pembuatan alamat email profesional dimaksudkan untuk membuat sebuah kepercayaan dan profesionalisme dalam berkirim surat internet.
Contoh seperti ini : Alamat gmail kita yang semula emailkita@gmail.com bisa kita ubah menjadi emailkita@namaperusahaan.com atau emailkita@namaproduk.com . lebih profesianal dan memberikan sebuah arti kepercayaan pastinya tapi, fitur pengubah alamat ini tidak bisa kita dapatkan dengan gratis dari google. Hanya perusahaan yang berlangganan ke Google Apps for Business yang dapat menggunakan fasilitas ini.  Fitur ini akan dapat digunakan jika kita membayar senilai $50 per tahun untuk satu pengguna.

4.    Upload file berkapasitas besar dengan google drive.

Jika kita ingin mengirimkan file berkapasitas besar lebih dari 25MB, kita bisa memanfaatkan fitur Google drive yang sering digunakan untuk membuat formulir online ini ternyata bisa difungsikan untuk Upload file kita yang akan dikirim melalui gmail dengan kapasitas upload sampai 10GB. Sangat besar dan lebih dari cukup untuk pengiriman file dengan cara online ini. Caranya sangat mudah. Cukup klik ikon Drive ketika sedang membuka jendela compose di Gmail Anda, kemudian pilih file yang ingin diupload.

5.    Kirim Canned Response untuk pertanyaan yang sering diajukan

Memiliki bisnis sendiri berarti siap mendapatkan banyak respon / tanggapan. Tapi pengusaha sibuk tidak selalu punya waktu untuk menyusun tanggapan pribadi untuk setiap email. Dengan mengaktifkan fitur Canned Response di Gmail, Kita dapat menyimpan pesan yang sering ditulis, lalu pilih salah satu dari jendela New Compose. Ini bisa menghemat waktu membalas pertanyaan atau masalah yang sama sepanjang hari. Untuk mengaktifkan fitur ini, arahkan ke tab Labs di menu Gmail Settings, kemudian aktifkan Canned Responses. Jika sudah siap untuk membuat pesan khusus, cukup ketik ke Gmail Compose panel. Pilih arah panah di pojok kanan bawah dan simpan di bawah Canned Responses. Pilih pesan dari jendela yang sama ketika kita siap untuk mengirim tanggapan kita.

6.    Delegasikan Inbox kepada asisten

Jika sedang sibuk di luar kota, kita dapat memberikan akses ke karyawan terhadap account Gmail kita. Arahkan ke tab Account di menu Settings Gmail, klik Add Account, kemudian masukkan alamat email pengguna lain untuk memberikan akses. Setiap email yang dikirim dari account kita dengan pengguna lain akan menampilkan pengirim sebagai: Nama kita (dikirim oleh Delegasi). Setelah diberikan, akses ke kotak masuk email kita dapat dicabut sewaktu-waktu. Fitur ini adalah cara terbaik untuk menjaga kotak masuk tetap lancar dengan bantuan asisten kita.

7.    Cara kelola beberapa inbox dari satu akun Gmail

Pemilik bisnis yang canggih pasti memiliki lebih dari satu alamat email. Jadinya repot jika harus sering pindah-pindah antara alamat pribadi dan beberapa alamat perusahaan yang berbeda. Gmail memberikan kita fasilitas mengelola beberapa akun dari dalam antarmuka tunggal. Untuk mengaktifkan fitur ini, arahkan ke tab Pengaturan, dan klik “Check mail from other accounts.” Setelah itu, Gmail secara otomatis akan mengambil pesan dari account yang lain. Pesan yang diambil dapat dibaca dan dibalas dari account utama.
Sekian ulasan tentang Tips Menggunakan Gmail Untuk Bisnis Lebih Produktif . semoga bermanfaat.

Bagikan ke

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top