Pertimbangan Memulai Usaha Budidaya Jamur

Pertimbangan Memulai Usaha Budidaya Jamur – Budidaya jamur sebenarnya merupakan bisnis yang sangat  menggiurkan hasilnya. Untuk rata-rata harga jual jamur di Pasar dan Super market terbilang  cukup mahal. Contohnya Harga jamur di Super market dijual dengan harga rata-rata Rp. 30.000,-/kilogram. Usaha jamur terbilang masih jarang yang menjalankannya. Sebenarnya kalau kita tahu, usaha jamur itu sangat bagus prospeknya. Bayangkan saja, dengan modal yang terbilang tidak terlalu besar, kita bisa dapatkan hasil yang menggiurkan. Tapi, jenis usaha ini memerlukan sebuah ketlatenan dan pemasaran yang baik. Bisnis jamur ini bisa dibilang usaha yang cukup butuh perhatian karena proses pemanenan jamur dilakukan dengan tempo waktu yang cepat. Untuk yang tercepat, pemanenan dilakukan satu jam sekali.

Pertimbangan Memulai Usaha Budidaya Jamur

Apa sajakah yang perlu dijadikan pertimbangan usaha ini?

1.    Modal
Modal yang diperlukan untuk memulai usaha jamur ini tidak terlalu besar, mulai dari 5 jutaan kita sudah bisa membuat satu buah lumbung untuk ukuran sedang. Tapi jangan salah, untuk ukuran sedang ini kira-kira berukuran 3x5x3 ini bisa menghasilkan 10 kilogram per hari.

2.    Lokasi
Usaha jamur membutuhkan tempat yang teduh. Jamur dibudidayakan di dalam lumbung yang tertutup rapat dengan plastik sehingga menciptakan ruang yang lembab. Jika kita mau membuat lumbung di daerah yang tidak lembab, kita bisa mengatasi masalah kelembaban tersebut dengan membuat tungku perebusan air dengan drum guna memberikan uap lembab ke dalam lumbuung dimana jamur kita ditanam. Jamur ditanam dengan suhu udara yang membutuhkan kelembaban yang stabil. Sehingga kita harus mengecek secara berkala.

3.    Bekal ilmu
Sebelumnya penulis sempat mengamati dan sering bertanya-tanya pada seorang sahabatnya yang sedang terjun dalam usaha ini. Banyak cara mendapatkan ilmu untuk bekal memulai usaha budidaya jamur mulai dari sebuah tempat kursus, belajar dari orang yang sudah terjun dan media internet.

4.    Pembibitan
Bibit jamur kita bisa dapatkan di pusat pembibitan yang sudah banyak diketahui para pengusaha jamur. Dalam hal ini, diharapkan jangan salah memilih tempat pembibitan karena, itu sangat berpengaruh untuk hasil jamur kita.

5.    Rekan kerja
Untuk rekan kerja kita bisa menentukan sendiri sesuai dengan harapan dan kinerja Usaha ini. Rekan kerja tidak harus dari teman atau keluarga. Tapi, rekan kerja terbaik adalah seseorang yang pola pikirnya sama dengan kita. Jika kita akan melakukan usaha ini bersama rekan kerja, dianjurkan membuat perencanaan dan management yang baik agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan suatu saat nanti.

Bagikan ke

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top