Bahaya Menggunakan Laptop Atau Netbook Tanpa Baterai

Bahaya Menggunakan Laptop Atau Netbook Tanpa Baterai - Mungkin sobat berfikir (dan saya juga pernah punya pemikiran) bahwa menggunakan laptop dengan AC mode atau tanpa baterai akan menghemat daya laptop dan juga daya listrik. Memang itu semua benar, tapi yang jadi permasalahan adalah bahaya yg mengintai laptop sobat. Karena melalui informasi yang baru-baru ini saya dapat, baterai pada laptop selain sebagai sumber daya, juga berfungsi sebagai penstabil tegangan laptop, ketikan laptop sobat dicharge. Nah, jika baterai ini dilepas dan menyisakan adaptor sebagai pelindung utama, daya yang masuk akan langsung menyerang mainboard/motherboard sobat, dan efeknya adalah kerusakan pada chipset dan IC laptop sobat. Jika ini terjadi, maka bahaya yang paling parah adalah laptop sobat akan MATI TOTAL.


Itu adalah bahaya yang paling parah dan saya belum menemukan bahaya lainnya selain bahaya yang telah saya sebutkan. Itu dalam keadaan listrik masih menyala. Bagaimana jika listrik tiba-tiba padam? Maka Harddisk sobat SAYA PASTIKAN AKAN LANGSUNG MENGALAMI BAD SECTOR TANPA ADA KOMPROMI LAGI. Bukan hanya harddisk bahkan kerusakan chipset dan motherboard laptop sobat akan makin parah lagi, tentu saja jika sobat menggunakan laptop tanpa baterai atau AC mode. Mungkin sobat akan berfikir bahwa jika men-charge laptop terus menerus maka akan membuat baterai panas dan merusak baterai. Ini juga SEPENUHNYA SALAH!!!. Baterai laptop jauh lebih pintar dari yang sobat kira. Artinya, baterai akan otomatis memutuskan hubungan dengan stop kontak jika baterai sudah terisis penuh dan daya yang masuk akan disalurkan ke laptop. Disini fungsi baterai tetap penting, yaitu sebagai filter dan penstabil tegangan. Saya sudah bertanya pada group Facebook “Dunia Komputer” dan seakan-akan seluruh anggota group memarahi saya karena menggunakan laptop dengan AC mode. Padahal saya hanya bertanya.

Jadi, mulai sekarang, mulai saat ini, sobat harus menggunakan laptop sobat dengan bijaksana. MENGGUNAKAN LAPTOP TANPA BATERAI SAMA ARTINYA DENGAN MERUSAK LAPTOP SOBAT. Dan satu-satunya cara untuk memperbaiki laptop sobat yang rusak karena menggunakan laptop tanpa baterai adalah: MENGGANTINYA DENGAN YANG BARU.

Bagikan ke

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top