Membuat Kalkulator Dengan Bahasa C

Jika pada waktu yang lalu kita sempat membahas tentang Cara Membuat Kalkulator Sederhana VB 6.0, sekarang kita akan membuatnya dengan bahasa C. Semoga bermanfaat


Source code :

#include <stdio.h>  
 #include <math.h>  
 #include <string.h>  
 typedef char * string;  
 float penghitung(int tipe, float angka1, float angka2);  
 int main(void)  
 {  
      int pilihan, countMenu = 13, i;  
      float hasil, angka1, angka2;  
      string menu[] = {  
                               "Perkalian", "Pengurangan", "Pertambahan",   
                               "Pembagaian", "Cos", "Sin", "Tan", "Exp", "Luas Segitiga",  
                               "Luas Lingkaran", "Luas Segi Empat", "Akar Kuadrat", "Pembulatan"  
                          };  
      char jarak[] = "\n\n================================================\n\n";       
      printf("Masukkan Angka untuk menghitung : \n");  
      for(i = 0; i < countMenu; i++)   
           printf("%d. %s\n", i + 1 , menu[i]);  
      goback:  
      printf("%s", jarak);  
      printf("Pilihan : ");  
      scanf("%d", &pilihan);  
      switch(pilihan) {  
           case 1 :  
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan angka 1 : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                printf("Masukkan angka 2 : ");  
                scanf("%f", &angka2);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, angka2);  
                printf("Hasil %f x %f = %f", angka1, angka2, hasil);  
                break;  
           case 2 :  
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan angka 1 : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                printf("Masukkan angka 2 : ");  
                scanf("%f", &angka2);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, angka2);  
                printf("Hasil %f - %f = %f", angka1, angka2, hasil);  
                break;  
           case 3 :  
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan angka 1 : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                printf("Masukkan angka 2 : ");  
                scanf("%f", &angka2);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, angka2);  
                printf("Hasil %f + %f = %f", angka1, angka2, hasil);  
                break;  
           case 4 :  
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan angka 1 : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                printf("Masukkan angka 2 : ");  
                scanf("%f", &angka2);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, angka2);  
                printf("Hasil %f / %f = %f", angka1, angka2, hasil);  
                break;  
           case 5 :   
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan angka : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, 0);  
                printf("Hasil cos %f = %f", angka1 , hasil);  
                break;  
           case 6 :   
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan angka : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, 0);  
                printf("Hasil sin %f = %f", angka1 , hasil);  
                break;  
           case 7 :   
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan angka : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, 0);  
                printf("Hasil tan %f = %f", angka1 , hasil);  
                break;  
           case 8 :   
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan angka : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, 0);  
                printf("Hasil exp %f = %f", angka1 , hasil);  
                break;  
           case 9 :  
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan Alas : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                printf("Masukkan Tinggi : ");  
                scanf("%f", &angka2);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, angka2);  
                printf("Hasil Luas Segitiga = %f", hasil);  
                break;  
           case 10 :  
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan Jari-jari : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, 0);  
                printf("Hasil Luas Lingkaran = %f", hasil);  
                break;  
           case 11 :  
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan Sisi : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, 0);  
                printf("Hasil Luas Segi Empat = %f", hasil);  
                break;  
           case 12 :  
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan Akar Kuadrat : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, 0);  
                printf("Hasil Akar Kuadrat %f = %f", angka1, hasil);  
                break;  
           case 13 :  
                printf("%s\n" , menu[pilihan - 1]);  
                printf("Masukkan angka : ");  
                scanf("%f", &angka1);  
                hasil = penghitung(pilihan, angka1, 0);  
                printf("Hasil Pembulatan %f = %f", angka1, hasil);  
                break;  
           default :  
                printf("Masukkan pilihan !\n");  
                goto goback;  
      }  
      goto goback;       
      system("pause");  
      return 0;  
 }  
 float penghitung(int tipe, float angka1, float angka2) {  
      float hasil;  
      if(tipe == 1)   
           hasil = angka1 * angka2;  
      else if(tipe == 2)  
           hasil = angka1 - angka2;  
      else if(tipe == 3)  
           hasil = angka1 + angka2;  
      else if(tipe == 4)  
           hasil = angka1 / angka2;  
      else if(tipe == 5)  
           hasil = cos(angka1);  
      else if(tipe == 6)  
           hasil = sin(angka1);  
      else if(tipe == 7)  
           hasil = tan(angka1);  
      else if(tipe == 8)  
           hasil = exp(angka1);  
      else if(tipe == 9)  
           hasil = 0.5 * angka1 * angka2;   
      else if(tipe == 10)  
           hasil = 3.14 * angka1 * angka1;  
      else if(tipe == 11)  
           hasil = angka1 * angka1;  
      else if(tipe == 12)  
           hasil = sqrt(angka1);  
      else if(tipe == 13)  
           hasil = ceil(angka1);  
      return hasil;  
 }



Keterangan :
  1. #include merupakan library yang dapat digunakan untuk  menghitung sebagai contoh cos.
  2. typedef char * string membuat definisi tipe data char sebagi string.
  3. function penghitung mengembalikan hasil sebagai bilangan pecahan / tipe data float.
  4. Terdapat 3 argument pada function penghitung. Argument pertama tipe mengkondisikan penghitungan yang di tetapkan 1-13. Argument kedua merupakan angka pertama yang akan dihitung dengan angka kedua atau hanya angka pertama saja yang dihitung. Argument ketiga merupakan angka kedua.
  5. Pengunaan function dapat dipanggil berkali-kali tanpa harus membuat banyak code.
  6. Hasil dari function penghitung akan mengembalikan nilai pecahan atau tipe data float.
  7. String menu[] sebagai array daftar dari menu untuk penghitungan.
  8. goback:  mengembalikan ke menu awal jika pilihan yang dimasukkan tidak benar atau ketika penghitungan telah selesai.
Source : http://italbabz.blogspot.com/2013/04/kalkulator-dengan-bahasa-c.html

Bagikan ke

1 Komentar:

Membuat Kalkulator Dengan Bahasa C - Rumah No 48 >>>>> Download Now

>>>>> Download Full

Membuat Kalkulator Dengan Bahasa C - Rumah No 48 >>>>> Download LINK

>>>>> Download Now

Membuat Kalkulator Dengan Bahasa C - Rumah No 48 >>>>> Download Full

>>>>> Download LINK

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top