Peluang Usaha Event Organizer Seminar

Peluang Usaha Event Organizer Seminar - Seminar motivator adalah suatu kegiatan mempertemukan pembicara dengan pendengar untuk berbagi ilmu dan menambah motivasi pendengar semakin maju dalam basic tertentu. Banyak sekali tema yang dapat diusung seperti pendidikan, ketrampilan, motivasi, kesehatan dan lain sebagainya.dengan celah yang sangat bagus ini adalah suatu yang dapat kita manfaatkan untuk membuka usaha event organizer (EO) seminar.

peluang-usaha-event-organizer-seminar

Melakukan usaha ini haruslah kita yang benar-benar orang yang mudah berkomunikasi dengan orang lain sebagai partner. Mungkin dengan banyak pengalaman yang sudah pernah digeluti bisa menambah keberanian kita dalam meloby suatu produk atau pembicara untuk bekerjasama dengan kita. Sangat banyak pembicara yang bisa kita undang untuk mengisi seminar kita nantinya. Kita juga bisa mengadakan event seminar misalnya dengan tema pelatihan penulisan kreatif, wirausaha, ESQ, pengembangan diri, atau motivasi secara umum. Tiket masuk para peserta dan dana dari sponsor merupakan sumber penghasilan dari bisnis EO ini. Usaha dapat dimulai dengan membentuk sebuah tim organisasi atau UKM.
     Anggota tim ini bisa kita bentuk bersama teman-teman kita untuk yang benar-benar berani susah payah bersama. Untuk memulainya, dengan lima orang tim inti saja sudah cukup. Nantinya bisa ditambah tergantung situasi dan kondisi. Setiap anggota tim diharapkan memiliki kemampuan manajerial yang baik. Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya yaitu dengan menunjuk satu orang sebagai direktur keuangan. Karena sebagai EO pemula belum ada banyak sponsor yang bisa diajak kerja sama, jadi harus memaksimalkan dana sendiri terlebih dahulu.
     Jika suatu tim ini benar-benar bisa berjalan dan saling support, hal selanjutnya yang harus dikerjakan adalah  kerja sama dengan berbagai sponsor.Ketika memulai membuat suatu event atau acara, lakukanlah pembagian pekerjaan dengan penjelasan pekerjaan yang jelas. Kesuksesan suatu event tentu bergantung dari koordinasi dan kerjasama tim. Kemudian buatlah daftar segala keperluan yang dibutuhkan untuk event tersebut. Daftar keperluan harus dibuat serapih mungkin. Daftar keperluan itu diantaranya convention center atau gedung serba guna yang dipakai sebagai tempat seminar.
     Tempat menginap untuk pembicarakita bisa menggunakan hotel jika para pembicara yang kita undang adalah seorang yang datang dari tempat yang jauh atau bahkan luar negeri, sponsor yang memungkinkan bisa diajak kerja sama, contact person yang berhubungan dengan perizinan dan semacamnya, alat-alat yang akan disewa, serta manajer artis yang menjadi penghubung kita dengan pengisi acara. Ketika semuanya sudah berjalan dengan baik dan selalu lancar, kepercayaan dari beberapa sponsor dan management artis bisa datang dengan sendirinya secara terus menerus.

Bagikan ke

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top