Cara Mendirikan Usaha Penerbitan Buku

Cara Mendirikan Usaha Penerbitan Buku - Buku menjadi kebutuhan bagi semua lapisan masyarakat, dari mulai pelajar sekolah, mahasiswa universitas, sampai tenaga profesional. Dengan membaca buku kita akan lebih memiliki pengetahuan yang lebih banyak. Buku merupakan daya kreatifitas seorang manusia berupa tulisan yang dilampirkan pada banyak kertas yang tersusun rapi dan dilakukan pembukuan. Dalam pembuatan buku ini juga memerlukan label merk yang dimaksudkan untuk Royalti sebuah Ciptaan atau karangan.

cara-mendirikan-usaha-penerbitan-buku

Pada dasarnya orang-orang seperti yang disebutkan diatas adalah orang-orang yang sangat membutuhkan buku tertentu guna menunjang kemampuan berfikirnya. Berbagai macam jenis buku yang terulas seperti buku pelajaran, tutorial, bahkan bacaanpun banyak ditemukan saat ini.
Ada banyak Hal yang harus dilakukan dalam membuka usaha penerbitan yaitu menentukan jenis buku apa yang akan diterbitkan. Apakah buku pelajaran, buku fiksi (novel, kumpulan cerpen, dll), atau buku nonfiksi. Naskah buku bisa karya kita sendiri atau karya orang yang kita tawarkan naskahnya untuk diterbitkan. Hal selanjutnya yang harus dilakukan yaitu membuat badan usaha. Membuat badan usaha diperlukan untuk mendapatkan nomor ISBN di Perpustakaan Nasional.

Membuat badan usaha dapat dilakukan di kantor notaris terdekat. Badan usaha bisa berupa perusahaan komanditer (CV) atau perseroan terbatas (PT).
Jika kita sudah memiliki badan usaha, maka yang selanjutnya kita lakukan yaitu menentukan naskah buku pertama yang akan kita terbitkan. Jika langkah menentukan sebuah naskah sudah dilakukan, kita perlu menyunting naskah, menentukan tata letak, membuat ilustrasi jika diperlukan, serta membuat desain sampul buku. Dalam kasus ini, kita dapat mempekerjakan orang yang ahli dalam melakukan hal-hal tersebut. Setelah semua materi buku sudah jadi, hal selanjutnya adalah kita perlu mengurus ISBN (International Serial Book Number) ke Perpustakaan Nasional.

Untuk hal yang terakhir adalah kita harus bekerja sama dengan sebuah percetakan untuk mencetak naskah yang sudah jadi tersebut menjadi buku. Banyaknya eksemplar yang dicetak itu tergantung keinginan kita sebagai produsen. Hal tersebut tergantung skala penerbitan yang akan kita buka.  Setelah semua buku tercetak maka langkah selanjutnya kita tinggal memasarkannya.
Untuk cara pemasaran sendiri, Berbagai opsi atau pilihan cara pemasaran buku dapat kita tempuh.

Untuk yang termudah saat ini yaitu dengan menjualnya secara online. Namun jika kita bermaksud memasarkan di toko buku, kita dapat menitipkan pada distributor buku agar buku-buku kita dapat dijual di toko-toko buku besar. Banyak distributor buku yang bertebaran dimana-mana, kita bisa mencari informasi tentang bagaimana cara bekerja sama dengan para distributor yang banyak tersedia.

Untuk cara bersaing yang bagus dalam usaha penerbitan buku ini adalah pada kualitas isi buku yang padat dan tepat sasaran. Dengan memiliki banyak keunggulan, kita bisa lebih bersaing dengan penerbit-penerbit kawakan yang telah mengedarkan banyak buku-buku bermanfaat di negara kita ini. Karena keuntungan dari membuka penerbitan buku cukup menjanjikan, mungkin ini adalah referensi cari usaha yang baik untuk kita coba

Bagikan ke

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top