Peluang Usaha Keripik Kulit Pisang

Peluang Usaha Keripik Kulit Pisang - Kulit pisang yang biasanya tidak kita manfaatkan sama sekali dalam kehidupan kita sebenarnya banyak manfaat dan kegunaanya. Pernahkah mendengar tentang kripik kulit pisang khas Lumajang Itu? Dan Bagaimana rasanya? Kulit pisang mengandung banyak kandungan penting yang berguna untk tubuh manusia. Berbagai macam kandungan penting itu bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi keripik kulit pisang ini.

Peluang Usaha Keripik Kulit Pisang

Berdasarkan hasil penelitian, ternyata kulit pisang mengandung serat yang cukup tinggi, vitamin C, B, kalsium, protein dan karbohidrat. Menurut penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi (karena kandungan serotonin yang cukup tinggi) dan menjaga kesehatan retina mata. Selain itu, kulit pisang juga merupakan anti oksidan alami, mengurangi resiko terkena penyakit katarak, meredakan nyeri / gatal pada kulit serta dapat mengobati kutil pada kulit.

Untuk membuat keripik kulit pisang diperlukan beberapa bahan yang harus di siapkan, berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat keripik kulit pisang, yaitu kulit psiang, air kapur, garam, gula, dan tepung. Cara membuatnya adalah sebagai berikut.
1.    Siapkan kulit pisang dan cuci sampai bersih.
2.    Membuat larutan air kapur, yakni dengan cara memasukkan setengah sendok teh kapur ke dalam satu liter air.
3.    Rendam kulit pisang dalam air kapur selama 20 menit.
4.    Larutkan satu sendok teh garam ke dalam satu liter air.
5.    Kembali rendam kulit pisang ke dalam air garam selama 20 menit.
6.    Larutkan 3 sendok makan gula ke dalam satu liter air.
7.    Rendam kembali kulit pisang dalam larutan gula selama 20 menit.
8.    Taburi tepung, kemudian jemur hingga kering.
9.    Goreng kulit pisang hingga bewarna kuning kecoklatan, lalu angkat
Pembuatan keripik kulit pisang dipopulerkan oleh suatu koperasi  ibu-ibu di Lumajang, Jawa timur. Kita bisa dapatkan di supermarket di banyak daerah di Indonesia. Cara memanfaatkan kulit pisang sebagai olahan keripik masih tergolong sangat sedikit kita temukan. Inilah peluang kita yang sangat bagus untuk memulai sentra bisnis usaha ini.

Bagikan ke

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top