Langkah Bijak dalam Memulai Bisnis Usaha

Langkah Bijak dalam Memulai Bisnis Usaha - Dalam memulai usaha baru kita dituntut dengan macam-macam syarat prosedur yang harus dilakukan. Memulai usaha yang baru bukan semata-mata untuk iseng semata melainkan sebuah keseriusan dan harapan yang baik untuk mendapatkan suatu hasil maksimal di kemudian hari. Untuk kita yang belum punya usaha atau akan membangun usaha yang baru harus punya sikap matang dalam menghadapi berbagai kesulitan yang akan menimpa. Tapi jangan jadikan kesulitan tersebut sebagai faktor kita untuk tidak memperjuangkannya.

Langkah Bijak dalam Memulai Bisnis Usaha

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas tentang langkah bijak dalam memulai Usaha
Untuk langkah bijak memulai usaha sendiri sebagai berikut :

1. Kesiapan mental dan sikap matang/mind set.

Ini adalah langkah pertama kita memulai suatu usaha yang akan menjadi harapan kita menghasilkan hasil yang maksimal. Apapun usahanya, sikap yang satu ini harus selalu dimiliki seorang wirausahawan.
  1. Jangan pernah merasa takut akan suatu kegagalan karena suatu kegagalan merupakan tangga kita untuk meraih sebuah kesuksesan.
  2. Cintai proses yang telah kita lakukan.
    Suatu usaha pasti mengalami naik dan turun pendapatan, dan pasti ada berbagai kesulitan yang menimpa. Nikmati setiap fase tersebut agar kita memahami bagaimana cara yang benar menghadapi suatu masalah dalam suatu usaha.
  3. Terus belajar dan berinovasi.
    Dengan belajar dan berinovasi kita akan dapatkan sesuatu yang berbeda dari jenis usaha yang sama yang dilakukan orang lain. Buat suatu inovasi yang membuat usaha kita lebih unggul nantinya.
  4. Lalukan eksekusi keputusan dengan benar dan tidak terburu-buru.
    Saat mengambil keputusan diharapkan dipikir matang-matang untuk mendapatkan solusi terbaik. Lakukan semua eksekusi dengan tenang dan tidak terburu-buru untuk hasil yang bagus.
  5. Jangan pernah menyerah.
    Lakukan semua dengan Gigih dan sabar. Jangan pernah menyerah, pasti ada jalan yang baik kalau kita mau berusaha.
  6. Fokus dan yakin sukses.
    Seringkali kita tergoda dengan banyaknya jenis usaha dengan prospek yang sudah berjalan baik. Jangan terpengaruh, yakinkan pada usaha yang kita geluti saja. Fokus dan yakin kita akan sukses.

2. Pilihlah usaha yang diminati.

Dengan cara memilih usaha yang kita benar-benar kita minati dan sukai, itu landasan kita untuk mencintai suatu usaha yang kita geluti nantinya. Dengan kita mencintai usaha yang kita pilih, itu akan membuat suatu kebanggaan dan menumbuhkan sikap sadar akan menghargai sebuah usaha.

3. Perluas jaringan.

Jika kita sudah mulai buka usaha, perluaslah jaringan kita dan mencari Link yang baik untuk prospek usaha kita nantinya.

4. Pilihlah produk atau jasa yang unik

Untuk menambah profit usaha agar lebih tinggi kita disarankan untuk memilih produk atau jasa yang unik untuk mendongkrak popularitas bisnis kita diantara pesaing-pesaing kita.

5. Jaga nama baik, kredibilitas, dan kepercayaan pihak lain

Nama baik, kredibilitas, dan kepercayaan merupakan modal yang paling mahal dalam berbisnis. Sekali tercoreng nama baik kita, akan sulit untuk mengembalikan kepercayaan. Dengan kredibilitas yang baik, akan gampang kita mendapat kemudahan dalam berbisnis. Misalnya dalam penundaan pembayaran, peminjaman modal atau barang, serta kemudahan transaksi lainnya.

6. Jangan tunda-tunda dalam memulai usaha.

Siapkan mental,, modal, referensi, pengalaman, podasi yang baik serta sebuah kemantapan. Jangan ditunda-tunda karena itu akan membuat pikiran labil kita muncul dan akan sangat mudah masuk godaan-godaan yang timbul dari luar.

Bagikan ke

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top