Metode Dan Teknik Picking Gitar

Picking Atau memetik senar adalah dasar paling dasarnya belajar gitar.teknik picking atau memetik ada beberapa macam metode yang digunakan. Berikut adalah macam – macam metode yang digunakan dalam teknik picking.

Metode Dan Teknik Picking Gitar
Dalam bermain gitar terdapat 2 metode umum yaitu, Upstroke picking : memetik senar dari atas ke bawah dan sebaliknya adalah Downstroke picking : memetik senar dari bawah ke atas.
Teknik picking sendiri dibagi menjadi 5 kategori yaitu :
Alternate picking : Teknik ini bisa dibilang penggabungan mutlak upstroke dan down stoke. Karena dalam teknik ini, cara memetik senar harus bolak balik walaupun kita pindah ke senar yang lain.jadi harus tetap down –up down.
Untuk video kita lihat dibawah ini :



Economic picking : Teknik satu ini juga penggabungan dua metode tadi ( upstroke dan downstroke ).bedanya kalau economic picking, saat pindah senar ke atas maupun ke bawahnya posisi memetik pertama adalah ke bawah atau downstroke.
Untuk video kita lihat dibawah ini :



Chicken picking : Kalau yang satu ini bisa dibilang penggabungan picking downstroke dengan fingering ( memetik menggunakan jari ). Bisanya diaplikasikan oleh gitaris blues dan jazz.
Untuk video kita lihat dibawah ini :


Tremolo picking : Menggerakkan pick perpaduan upstroke dan downstroke di satu not dengan cepat. Kalau teknik ini, posisi pick saat memetik itu miring.
Untuk video kita lihat dibawah ini :


Sweep picking : Teknik sweeping atau menyapu ini biasa digunakan dalam teknik melodi arpeggio atau sweeping. Yaitu memetik turun dari senar atas ke senar bawah dan sebaliknya. Tidak bolak – balik.
Untuk video kita lihat dibawah ini :

Bagikan ke

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top