Langkah memulai usaha jamur lingzhi

Langkah memulai usaha jamur lingzhi - jamur lingshi yang terkenal sebagai obat juga olahan makanan yang baik ini masih sangat langka di temukan. Kebutuhan jamur lingzhi di indonesia sangatlah banyak dengan pembudidaya jenis jamur ini yang terbatas. Dengan kurangnya sektor pembudidaya jamur lingzhi, apakah membuat kita tertarik untuk memulai usaha budidaya jamur lingzhi untuk bisnis usaha kita?

Langkah memulai usaha jamur lingzhi

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang budidaya jamur lingzhi
Apasajakah yang harus dilakukan dalam memulai usaha ini adalah sebagai berikut :

1.    Pembelian Baglog Jamur

Kita tinggal pesan baglog jamur. Dalam baglog itu sudah ada bibitnya jadi nanti jamur akan tumbuh sendiri dari baglog itu. Harga baglog mulai 1500 – 3500 per bijinya. Untuk harga tengah yaitu 2000 / baglog. Berat kurang lebih 1,250 KG dengan hasil jamur antara 60-70 % dari berat tersebut. Jadi dengan modal 2000 menghasilkan jamur 0.75 sampai 0.875 Kg. Harga jual  9000 – 13.000/Kg. Jadi kalo dihitung minimalnya umpama satu baglog hanya menghasilkan 0,5 Kg maka hasilnya adalah    Rp. 4500 sampai 6500 /baglog jadi untungnya lumayan bisa 100% lebih. Lebih menggiurkan lagi kalo skala besar, misal 10.000 baglog hasilnya 4500-6500 x 10.000 = 45-65 Juta.

2.    Pembuatan Lumbung atau rumah jamur

Lumbung merupakan tempat budidaya jamur agar jamur bisa tumbuh dengan maksimal dengan suhu dan kelembaban yang telah ditentukan. Pembuatan lumbung biasanya dilakukan dengan rangka bambu atau kayu dengan tutup rapat plastik tebal. Didalamnya berisi rak-rak dari bambu untuk menaruh dan menata baglog jamur lingzhi yang siap dibudidayakan.

3.    Cara merawat jamur lengzhi

Perawatan jamur lengzhi cukup mudah. Perawatan dilakukan dengan penyiraman rutin minimal sehari satu kali.
Mudah kan? Serba instant, tapi jika kita ingin memulai dengan pembibitan sendiri itu bisa dilakukan tapi tidak dianjurkan. Berbeda dengan penanaman jamur merang, kita bisa menanam bibitnya sendiri dan berinovasi media penanamannya.

Bagikan ke

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top