Cara Budidaya Jangkrik

Budidaya jangkrik merupakan home industri yang bisa dibilang tidak terlalu banyak peminatnya. Padahal sebenarnya usaha ini bisa dibilang sangat menggiurkan. bayangkan saja, sekarang harga jangkrik per kilogramnya 50 sampai 60 ribu. kalau anda dalam sebulan bisa menghasilkan sampai 1 kwintal atau 100 kilogram, anda bisa dapatkan omset 5 jutaan per bulan. besar juga kan?. sebenarnya usaha ini tidak terlalu memakan biaya banyak. untuk memulainya anda kruskan saja harga update sekarang dengan bahan-bahan yang diperlukan untuk budidaya jangkrik ini. oke, langsung saja, apa saja yang diperlukan untuk budidaya jangkrik ini.













Proses kerja :
  • Lokasi yang tidak teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung, jauh dari kandang ayam dan predator.
  • Box kotak dari kayu ukuran 1,5x1,5 meter denga tinggi setengah meter dengan kaki-kaki disetiap pojoknya.untuk ukuran sebenarnya bisa anda modifikasi sesuai keinginan dan faktor tempat anda. di bagian atas bagian dalam box diberi lakban/isolasi plastik memutar dengan tinggi 10 cm dengan alas dari pasir halus. berikan tutup box dengan kawat kotak-kotak untuk menghindari jangkrik loncat naik.dan jangan lupa berikan dasar kaleng bekas berisi air atau oli untuk menghindari ancaman kandang dimakan rayap.
  • Tempat telur dari karton/Kardus utnuk ditaruh di dalam box anda.
  • Kotak tempat makan jangrik diusahan medianya kasar agar jangkrik tidak tepeleset saat akan makan.
  • Bibit jangkrik diusahakan langsung mencari dari alam. karena bisa juga digunakan untuk indukan yang lebih baik dengan ukuran yang lebih besar dari jangrik yang anda peroleh dari pasar burung.dan diusahakan kondisi fisiknya masih bagus dalam arti masih lengkap semua bagian tubuhnya.

 Keterangan : sebelah kiri jantan dan kanan Betina.

  • Berikan makanan yang bergizi. biasanya menggunakan bekatul jagung, ketan hitam, tepung ikan dan boleh juga dengan telur bebek.
Cara Memelihara Jangkrik :
  • Pengoptimalan anda dalam mebuat suasana kandang seperti tempat aslinya itu sangat mendukung reproduksi jangkrik yang anda budidayakan. diusahakan lembab dan gelap.
  • Pemberian makan jangkrik juga harus cukup. ada sedikit tips untuk anda, jangan berikan makan jangkring yang anda budidaya dengan sayuran-sayuran basah. walaupun itu bagus tapi itu bisa membuat daya tahan tubuh jangkrik melemah secara tidak lansung.

 Pemasaran Jangkrik :
  • Dari hasil budidaya jangkrik dapat menghasilkan telur jangkrik yang bisa anda tetaskan sendiri atau dijual ke peternak jangkrik lainnya, dan jangkrik dewasa untuk pakan burung, pakan ikan, dan juga sekarang bisa dialokasikan untuk berbagai makan olahan jangkrik seperti : jangkrik goreng, sayur jangkrik dan lain-lain. ini sudah bisa dibilang familiar di kalangan masyarakat umum. tenang saja, itu halal kok. dalam Islam pun ada dalil yang menyatakn tentang itu.
Sayur jangkrik
Demikian ulasan saya tentang budidaya jangkrik ini.semoga bermanfaat untuk alternatif usaha anda di rumah. kalau anda berniat budidaya jangkrik, saya anjurkan untuk telaten. pasti ada jalan yang baik kalau anda mau berusaha. terima kasih, semoga bermanfaat.

Bagikan ke

Silahkan berkomentar dan Terima kasih

*Untuk menyisipkan Emoticon, pilih Emoticonnya
*Untuk menyisipkan Kode, gunakan konversi kode

Konversi KodeEmoticon


Copyright © 2013-2014 Rumah No 48 - All Rights Reserved
Back to Top